Kamis, 25 Desember 2014

Kali ini saya akan menulis artikel singkat Cara Memperbaiki Komputer Yang Tidak Konek Di Jaringan LAN
Jaringan LAN (Local Area Network) merupakan jaringan lokal yang digunakan dalam skala kecil dimana luas jangkaun atau area maksimumnya biasanya hanya sekitar 1 kilometer saja. Jaringan komputer digunakan untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya untuk dapat saling berbagi baik itu dalam hal penggunaan printer, hardisk, file sharing, dan sebagainya.
Hampir di setiap perkantoran, sekolah, ataupun perusahaan yang memanfaatkan sistim komputer untuk menjalankan sistimnya selalu menggunakan jaringan seperti jaringan LAN. Namun terkadang berbagai masalah dapat terjadi pada jaringan LAN, seperti tidak terhubungnya satu komputer ke komputer lainnya, sehingga tidak dapat melakukan komunikasi ke komputer client lainnya, ataupun tidak dapat saling berbagi baik itu berbagi hardware ataupun software.
Nah, untuk itu dibawah ini akan dijelaskan beberapa tips untuk memperbaiki komputer yang tidak konek di jaringan LAN.
Komputer yang tidak dapat terhubung di jaringan LAN dapat ditandai dengan tidak adanya IP Address pada komputer tersebut, atau tidak bisa tersambung ke komputer atau perangkat lainnya dalam jaringan.
Nah, jika demikian langkah-langkah berikut ini dapat anda coba untuk memperbaikinya.
1. Pertama anda boleh periksa Network adapter anda, dengan cara pergi ke Control Panel, Network and Internet, Network Connections, dan perhatikan status dari network adapter tersebut apakah dalam keadaan disable atau tidak, jika disable maka anda buat menjadi enable, dengan cara klik Local Area Connection, klik kanan dan klik enable lihat gambar berikut ini.
enable-jaringan-lan
2. Berikutnya anda bisa periksa lampu indikator yang ada pada port RJ45 di belakang cashing cpu anda, jika dalam keadaan baik atau konek biasanya lampu indikator akan berwarna hijau dan blink, perhatikan apakah kabel plug dengan baik, jika tidak anda boleh cabut dan colokkan kembali.
Port RJ-45
3. Jika masalah belum bisa teratasi, maka untuk selanjutnya anda boleh periksa perangkat hub anda. Jika hub dalam keadaan baik, dapat ditandai dengan lampu indikator berwarna hijau dan selalu berkedip. Perhatikan apakah hub sudah dalam keadaan hidup dan kabel utp anda tersambung dengan benar ke dari hub ke komputer.
hub
Jika hub sudah menyala dan lampu indikator tidak ada blink berarti anda patut mencurigai perangkat hub anda, namun demikian anda boleh melakukan test terlebih dahulu dengan mengganti kabel utp dengan kabel utp lainnya, terkadang kabel utp juga sering bermasalah seperti akibat digigit tikus, kabel terpotong, dan sebagainya. Dan untuk memastikan bahwa port hub dalam keadaan baik, maka anda boleh cabut kabel utp dan pindahkan ke port lainnya dan perhatikan apakah komputer anda sudah konek, jika berhasil maka port hub andalah yang bermasalah.
4. Berikutnya jika langkah diatas sudah anda lakukan dan masalah belum ditemukan juga, maka sekarang anda boleh periksa perangkat switch anda. Perhatikan sambungan kabel utp dari komputer atau hub yang tersambung ke switch. Sama halnya dengan diatas jika lampu indikator tidak meyala dan blink tidak ada pada switch, itu artinya port tersebut tidak bekerja.
Switch
Untuk memperbaikinya, pertama coba anda pindahkan port yang digunakan kabel utp tersebut di perangkat switch ke port lainnya, jika dengan cara tersebut lampu indikator menyala dan blink terjadi, maka masalah sudah dapat anda atasi, namun jika masih juga belum bisa, sekarang coba anda hubungkan ke switch lainnya.
5. Langkah berikutnya untuk memperbaiki komputer yang tidak konek di jaringan LAN adalah anda dapat memeriksa perangkat router anda. Perlu anda ketahui perangkat router inilah yang mendistribusikan ip address ke seluruh komputer client pada sebuah jaringan.
Router
Jadi yang perlu anda perhatikan adalah bahwa router bekerja sebagaimana fungsinya, lihat pengaturan pembagian ip address dari router anda. Ada kalanya router bermasalah, dan jika itu terjadi maka seluruh komputer client yang meminta ip address darinya sudah pasti tidak akan bisa mendapat kan ip, sehingga tidak akan bisa terhubung ke jaringan.
Jika router anda bermasalah, sekarang anda boleh coba reset router anda dengan cara menekan tombol reset untuk beberapa menit, dan selanjutnya lakukan pengaturan ulang pada router dari browser anda.
Oke demikian dulu artikel Cara Memperbaiki Komputer Yang Tidak Konek Di Jaringan LAN semoga dapat membantu anda.

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar