5 Cara Branding Blog
Disney melakukannya. Nike
mempertahankannya. Apple membuat brandnya menjadi yang terpopuler dan termahal
di dunia. Apakah anda ingin melakukan branding juga terhadap blog anda? Kalau
anda belum mengetahui pentingnya branding bagi usaha, barangkali anda perlu membaca
beberapa artikel seputar branding.
Blog branding, begitu
istilah yang saya sebut untuk melakukan branding terhadap blog. Tidak ada
defisini untuk Blog Branding yang tepat. Namun bagi anda yang ingin mengutip
artikel ini bisa menulis bahwa blog branding adalah sebuah usaha untuk
memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung blog anda melalui promosi nama
blog anda, tampilan, pengalaman, dan misi atau tujuan kenapa blog anda eksis di
internet. Bahasa singkatnya kira-kira begitu.
Kedengarannya gampang kan?
Ohhh tidak begitu... Melakukan branding terhadap blog bisa jadi merupakan hal yang
cukup sulit bagi blogger. Lalu bagaimana?
Berdasarkan pengalaman saya
di dunia internet selama hampir 2 tahun ini, ada setidaknya 5 cara untuk
branding blog.
1. Nama
Carilah dan pilihlah nama
yang orisinil dan unik untuk blog anda. Sebagai contoh blog trik-komnet.blogspot.com ini.
OlPreneur sendiri sebenarnya bukanlah kata yang punya arti apa-apa. Ide saya
hanya menggabungkan kata Online dan Entrepreneur sehingga terdengar lebih
catchy bagi saya. Biarpun blog ini belum begitu terkenal, setidaknya blog
OlPreneur memiliki pembaca setia yang selalu menantikan tulisan-tulisan terbaru
saya.
Selain itu, usahakan nama
domain blog anda menggunakan ekstensi .com. Karena itulah yang paling diingat
orang. Bayangkan situs sebesar KasKus saja rela mengganti domainnya dari
Kaskus.us menjadi KasKus.com, yang kemudian diredirect ke Kaskus.co.id. Karena
menurut data dari kaskus ada begitu banyak visitor yang salah mengetikkan nama
domain mereka.
Saran saya pilihlah nama
blog yang pendek, agak 'imut', mudah diingat, mudah diucapkan, dan juga sesuai
tema blog itu sendiri.barangkali butuh waktu bertahun-tahun untuk medapatkan
nama domain blog yang sempurna, tapi sebuah nama dapat membedakan anda dari 70
juta blog yang ada di luar sana.
2. Tujuan
Memiliki tujuan yang jelas
juga merupakan cara branding yang baik. Setidaknya itu memberikan anda fokus
pada topik blog yang anda tulis, mengarahkan anda pada keyword tertarget untuk
meningkatkan SEO blog, dan juga menyediakan anda waktu untuk berpikir dan
menemukan apa yang menjadi pembeda antara blog anda dengan blog yang di niche
yang sama.
3. Design
Barangkali cara branding
terbanyak yang dipikirkan oleh blogger ketika melakukan branding blog adalah
dengan membuat atau memberikan visitor tampilan desain blog yang unik. Tentu
saja hal itu emang benar. Hanya saja, tidak semua orang mempunya basic
pemrograman yang kuat sehingga mampu menghasilkan desain blog yang stand out
from the crowd.
Lalu bagaimana untuk tetap memberikan desain blog yang menarik
pada visitor? Mainkan warna background atau tulisan, cari font yang keren, dan
juga bikin logo sendiri yang menunjukkan keunikan blog anda. Untuk sebuah logo
blog ini saja saya bahkan membayar uang tidak sedikit kepada seorang desainer
karena saya ingin logo blog tersebut mewakili apa yang saya inginkan dari blog
OlPreneur ini.
4. Konsistensi
Coba pikirkan dengan cepat,
apa warna yang digunakan oleh Apple? Bagi saya, bahkan sebuah nama 'Apple'
dapat memberikan perspektif image tentang desain yang elegan, warna putih yang
mencolok, dan juga logo apel tergigit. Remember! Apple sells commodity. They
sell gadget. Tapi ketika anda mendengar dan berpikir tentang Apple, ada sesuatu
yang 'berbeda' dari kebanyakan merek HP lainnya. Itulah pentingnya sebuah
konsistensi.
Apple tidak pernah berhenti
melakukan inovasi untuk memberikan penggunanya pengalaman terbaik ketika
menggunakan sebuah handphone atau laptop. Ketika banyak produsen HP Cina
menjual hp Android dengan kemampuan cukup 'wah' dengan harga murah. Apple tetap
bertahan dengan harga yang 'mahal' dan tetap melakukan inovasi seperti yang
biasa mereka lakukan.
Lihatlah sekarang! Apple
seolah tak terbendung langkahnya, Samsung yang menjadi rival terberat mereka
pun mulai goyah. Itulah kekuatan dari konsistensi.
Kisah Menarik: Kala Drew Houston Tolak Tawaran Apple Demi Dropbox
5. Publikasi
Keluarlah dari sarang anda!
Cari visitor (kalau bisa link back haha) ke blog anda, apakah itu dengan
berkomentar atau dengan blogwalking. Gunakan social media seperti StumbleUpon
atau Technorati, atau kirim email ke orang lain tentang blog anda. Cara terbaik
untuk membuat blog anda mendapatkan perhatian banyak orang adalah dengan
menjadi Guest Blog di situs atau blog lain yang lebih populer. Selain itu, personal branding anda pun akan naik dengan cepat
lewat blog.
0 komentar:
Posting Komentar