Jumat, 26 Desember 2014


CaraPedi.com| Setiap blogger pasti akan melakukan berbagai cara meningkatkan pendapatan Google Adsense. Ada banyak cara meningkatkan pendapatan GA yang merupakan intermediator antara publisher dengan perusahaan yang ingin menampilkan iklan di internet.

10 tips cara meningkatkan pendapatan Google Adsense ala CaraPedi:

  1. Perbanyak Pengunjung
    Faktor terbesar dan paling berpengaruh pada pendapatan Adsense Anda adalah traffic pengunjung. Semakin besar pengunjungnya, maka semakin besar pula peluang mendapatkan penghasilan lebih besar. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda jadikan prioritas adalah memperbanyak pengunjung terlebih dahulu. Untuk tips cara meningkatkan traffic pengunjung, silahkan baca DI SINI.
  2. Tempatkan iklan pada posisi strategis.
    Penempatan iklan yang terbukti mampu mendongkrak perolehan salah satunya adalah di sebelum artikel, setelah artikel, di header dan di sidebar. Namun menurut pengalaman saya, yang paling menguntungkan adalah penempatan iklan sebelum dan sesudah artikel. Jangan menempatkan iklan di tengah-tengah tulisan. Karena akan mengganggu konsentrasi pembaca dan juga tidak good looking. Selain itu gunakan sticky widget agar ketika pembaca scroll ke bawah iklan di sidebar tetap muncul (seperti yang saya praktikkan). Jika Anda menggunakan wordpress, gunakan plugin Q2W3 Fixed Widget. Lalu klik fixed di bawah widget lalu save.
  3. Gunakan model iklan yang benar.
    Bentuk dan ukuran iklan juga sangat berpengaruh setelah traffic dan penempatan. Gunakan kombinasi iklan dalam bentuk teks, gambar dan flash. Ukurannya pun harus disesuaikan. Untuk iklan sebelum dan setelah artikel adalah ukuran: 300×280 atau 250×250 dan hindari 720×90. Alasannya, ukuran 720×90 tidak terbaca secara penuh di smartphone secara utuh. Ingat! 40 persen pengunjung blog berasal dari smartphone. Lihat ukuran 720×90 dari handphone Z 10 saya:

    Cara memaksimalkan pendapatan adsense
  4. Blokir iklan dengan nilai klik rendah dan tidak relevan.
    Banyak iklan yang mempunyai nilai klik rendah atau tidak relevan dengan tema atau topic blog Anda. Jika Anda melihat ada iklan yang menurut Anda akan memiliki peluang kecil untuk diklik dan mempunyai nilai klik rendah, sebaiknya Anda blokir dengan memasukkan url iklan pada kolom Izin Iklan. Untuk cara memblokir dan mengetahui urlnya (jangan klik iklan sendiri untuk mengetahui url), silahkan baca DI SINI.
  5. Optimasi kecepatan blog.
    Semakin banyak pengunjung, maka semakin berat juga beban yang ditanggung server hosting Anda. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kinerja halaman yang semakin menurun. Konsekuensinya, bisa jadi iklan akan muncul dalam waktu yang lama, sementara pembaca sudah melewati iklan bagian atas dan hanya melihat iklan bagian bawah saja. Untuk optimasi kecepatan blog, silahkan baca DI SINI.
  6. Modifikasi warna iklan.
    Beberapa adsense senior ada yang berpendapat dari pengalamannya, bahwa kombinasi warna iklan juga berpengaruh pada ketertarikan pengunjung untuk mengklik iklan Anda. Oleh karena itu, cobalah modifikasi warna iklan dan sesuaikan dengan warna template atau thema blog Anda.
  7. High paying ads.
    Sebenarnya poin nomor 7 ini adalah yang paling berpengaruh bagi saya. Namun tidak saya tempatkan di awal karena kemungkinan besar saat ini Anda sudah mempunyai blog. Sementara High paying ads ini adalah iklan yang relevan dengan isi blog yang mempunyai nilai klik tinggi. Biasanya berbahasa Inggris dan hanya pada topik-topik tertentu saja. Misalnya topik tentang materi bahasa Inggris yang menjadi salah satu high paying ads hingga saat ini. Jika topik pada blog Anda tidak relevan dengan high paying ads, maka tentu Anda harus membuat blog baru bukan?
  8. Jangan tempatkan iklan lain.
    Google Adsense adalah salah satu dan mungkins satu-satunya adsense yang menjanjikan nilai kliknya. Jika Anda memasang iklan lain dengan nilai klik rendah, tentu hal ini akan membuat Google adsense Anda semakin kecil peluang untuk diklik. Oleh karena itu, setia saja dengan GA.
  9. Gunakan Fresh template.
    Saya termasuk paling anti pada thema blog dengan warna dasar yang kurang fresh seperti warna hitam. Hal ini akan membuat pengunjung kurang betah untuk membaca artikel-artikel Anda. Berbeda dengan fresh template yang memungkinkan pembaca membuka artikel lain sehingga memberikan pilihan iklan yang lebih banyak untuk dilihat.
  10. Tempatkan iklan di RSS Feed.
    Yang terakhir walaupun sebenarnya masih ada lagi adalah menempatkan iklan di RSS Feed sehingga bagi yang berlangganan artikel dengan menggunakan media RSS Feed juga dapat melihat iklan adsense Anda.
Demikianlah share tentang 10 tips cara meningkatkan perolehan Google Adsense Anda. Semoga bermanfaat dan jika Anda suka artikel ini, mohon sumbangkan Like atau Tweet Anda dengan mengklik tombol like atau berkomentar di bawah ini. Terima Kasih.

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar