Selasa, 23 Desember 2014

10 Cara Terbaik Mendatangkan Traffic Tanpa SEO 

 

Memiliki keyword yang nangkring di halaman pertama Google adalah harapan bagi siapapun yang terjun dalam bisnis online. Berada di posisi puncak di halaman pertama Google memberikan efek yang besar bagi kehidupan suatu bisnis online, baik itu blog atau website. 
Tapi, kendalanya adalah Google selalu memperbarui algoritma pencarian mereka. Hampir tiap tahun Google mengubah algoritma pencarian mereka sehingga menjadi semakin sulit bagi seorang blogger atau webmaster untuk mendapatkan ranking pertama di halaman pencarian Google. 

Bahkan situs sebesar eBay pun harus merasakan dampak dari algoritma Google terbaru. Dimana ranking situs mereka menurun yang berimbas pada berkurangnya pendapatan mereka. 
Masalahnya banyak perusahaan kecil atau blog baru yang mati-matian berusaha mendatangkan traffic dari Google dan memfokuskan diri pada SERP. Semakin anda berfokus pada SERP, semakin anda membuang waktu karena ada perusahaan besar yang siap menggelontorkan dana besar demi meraih posisi di halaman pertama Google. 
Jika anda tidak memiliki budget yang besar untuk menciptakan konten dan membangun backlink berkualitas yang lebih baik dari kompetitor anda. Terlebih jika anda adalah pendatang baru pada suatu niche yang sudah ramai dan penuh sesak, maka akan butuh waktu lama bagi anda untuk dapat dikenal. 
Ketimbang menghabiskan waktu dan tenaga berjuang demi SERP, kenapa anda tidak memanfaatkan teknik lain untuk mendatangkan visitor ke blog atau website. Di tengah derasnya arus persaingan untuk menembus halaman pertama Google, masih banyak cara lain untuk mendatangkan traffic berkualitas ke situs anda tanpa SEO.

Berikut 10 Cara Terbaik Menghasilkan Traffic Tanpa SEO

1. Komentar di forum 

Saat ini ada begitu banyak forum di Indonesia, dan forum yang terbesar sekarang adalah KasKus. Ada begitu banyak topik yang ada disana. Carilah topik yang berhubungan dengan niche anda. Kemudian aktif dan berkomentarlah yang rasional disana. Jangan hanya sekedar. "Niche thread gan", "Makasih gan infonya mantap banget", apalagi "Pertamax". Karena komentar seperti itu tidak akan membantu bisnis anda. 
Pastikan anda masuk ke subforum yang tepat karena hal itu bisa memicu kunjungan dan trafik yang besar ke situs anda. Bila topik utama blog anda adalah bisnis online dan blogging, cobalah Ads-Id.com.

Tips: Join di forum yang tepat, ikuti aturan yang berlaku, dan hindari self-promotion yang berlebihan. Karena hal itu malah akan mengurangi citra anda di mata anggota forum yang lain. 
2. Google +

Diantara sekian banyak social media yang ada, Google + adalah sosial media yang memberikan social signal yang kuat. Tidak dipungkiri lagi, Google + dapat memberikan anda traffic yang tinggi tanpa anda harus memiliki followers. Pelajari seputar Google + disini
Tips: Join dengan banyak komunitas di Google+ yang masih berhubungan dengan niche anda. Setelah anda mulai dikenal, dan menjadi orang yang dianggap kompeten di komunitas tersebut. Baru anda bisa posting link artikel yang berguna kepada anggota komunitas lain.
3. Guest Blogging


Guest blogging adalah aktifitas ngeblog dimana kita menjadi blogger tamu di blog orang lain, biasanya blog yang sudah terkenal. Ada bnyak sekali manfaat dari guest blogging diantaranya meningkatkan awareness orang lain terhadap kita, membentuk authority pada niche anda, dan mendatangkan traffic dalam jumlah besar ke blog anda, bahkan tak jarang pembaca dari blog itu akan menjadi pelanggan layanan anda.

Tips: Dekati blogger yang memiliki blog yang cukup popular. Kemudian kirimkan tulisan anda yang sesuai niche mereka. Bila diapprove, tunggulah dan nikmati sensasinya. 

4. Situs Q&A (Question & Answer)

Situs tanya jawab seperti Yahoo Answer dan Quora mempunyai tendensi untuk memberikan anda traffic yang tinggi dan tertarget. Hal itu bergantung pada apakah anda mampu memberikan jawaban atau solusi atas pertanyaan dan masalah yang diajukan oleh orang. Bila anda mampu memberikan jawaban yang logis dan relevan serta memecahkan masalah orang tersebut, jangan heran kalau mereka akan menjadi pelangga tetap anda. 


Tips: Jangan spam dengan memberi jawaban atas pertanyaan anda sendiri. Ingat! Kegiatan ini adalah untuk membantu orang lain, paling tidak memberikan solusi masalah mereka. Tidak ada orang yang menyukai spamming.

5. Sosial Media


Bagi sebagian orang, Facebook dan Twitter adalah sumber traffic terbaik disamping SEO. Kuncinya sederhana, anda hanya perlu membuat laman atau profil Facebook kemudian share link artikel terbaik anda. Berikan konten yang berguna bagi orang lain. 


Tips: Tidak harus lewat Facebook, anda juga bisa mendapatkan traffic blog dalam jumlah besar dari sosial media lain seperti Twitter, Instagram, Pinterest, atau Vine. Situs-situs tersebut sudah terbukti menjadi sumber traffic terbaik disamping search engine. 

6. Email


Email adalah salah satu channel online marketing yang mampu menghasilkan tingkat konversi yang tinggi. Ada begitu banyak panduan bagaimana membuat list email untuk promosi blog. 


7. Sosial Bookmark

Selain sosial media, sosial bookmark juga merupakan salah satu sumber traffic yang tidak bisa diremehkan. Sosial bookmark memiliki traffic yang tinggi dan juga tingkat update yang sangat tinggi setiap harinya sehingga pas bagi anda yang ingin share link artikel anda. Sosial bookmar terbaik saat ini adalah Reddit, StumbleUpon, dan Digg.


Tips: Usahakan untuk tampil di halaman depan situs sosial bookmark. Hanya saja, sulit bagi anda yang baru pertama untuk mengetahui polanya. Terus trial and error. 

8. Content Aggregator

Buatlah konten yang hebat dan Google akan menhadiahi anda traffic gratis. Okeh, kita setuju kalau sekarang content is the king. Cuma, hal itu akan berlaku bagi blog atau website yang sudah punya authority, backlink mantap, dan terpercaya. Gimana buat blog yang baru seumur jagung?

Caranya adalah dengan submit konten anda ke situs content aggregator. Berikut adalah daftar beberapa content aggregator terkenal:
  • Alltop
  • BizSugar
  • Growth Hacker
  • Hacker News
  • Inbound.org
Untuk blog atau website dengan konten bahasa Indonesia, anda bisa submit ke Lintas.me

Tips: Ikuti aturan yang berlaku pada situs tersebut. Pastikan anda selalu berbagi artikel yang berkualitas tinggi dan diminati banyak orang. 

9. Komentar Blog

Ada begitu banyak blog yang satu niche dengan anda namun memiliki traffic ribuan bahkan puluhan ribu visitor tiap harinya. Cara terbaik untuk mendapatkan traffic dari komentar blog adalah anda harus membaca keseluruhan artikel. Kalau ada hal yang membuat anda tertarik atau menurut anda janggal, baru beri komentar. Jangan terjebak untuk asal komentar. Karena pemilik blog tersebut akan menganggap anda spam. 

Ingat! Tujuan kita berkomentar bukan sekedar meninggalkan jejak, atau mendapatkan backlink. Tapi lebih jauh dari itu, kita berusaha menambahkan value dari percakapan yang diusung admin blog dan lambat laun akan menumbuhkan network kita. 

Tips: Jika anda memiliki konten yang mirip di situs anda, lebih baik anda memasukkan link tersebut ketimbang memasukkan url homepage blog anda saat berkomentar. 

10. YouTube


YouTube adalah search engine terbesar kedua di dunia setelah Google. Bagaimana tidak, YouTube memproses setidaknya 3 miliar pencarian setiap bulannya. Pencarian yang diproses YouTube bahkan lebih tinggi jika digabungkan dengan total pencarian Yahoo, Bing, AOL, dan Ask. 


Tips: Jenis video terbaik untuk mendatangkan traffic adalah video tutorial (How-To). Video yang berhubungan dengan niche anda juga akan mendatangkan traafic dalam jumlah yang tidak sedikit. 

Semoga artikel 10 Cara Terbaik Menghasilkan Traffic Tanpa SEO dapat bermanfaat. Jangan lupa berikan koemntar atau pendapat anda seputar tulisan saya ini. Saya selalu terbuka untuk kritik yang membangun. 

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar