Kamis, 25 Desember 2014



Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Langkah Demi Langkah
Kasus komputer mati total sangat sering ditemui pada komputer akibatnya pada saat komputer dicoba untuk dihidupkan komputer tersebut tidak akan bekerja alias mati total. Komputer mati total dapat dikatakan jika arus listrik sama sekali tidak masuk mengaliri komputer, hal ini dapat dilihat dengan tanda tidak adanya satupun lampu indikator yang menyala pada CPU dan kipas power supply juga tidak terlihat bekerja.
Untuk mengatasi masalah tersebut tentu kita harus terlebih dahulu memahami logika trouble shooting atau bagaimana menebak kerusakan secara logika sebelum mencoba memperbaikinya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.
Nah untuk memperbaiki komputer mati total dibawah ini diberikan beberapa tips yang dapat anda ikuti sebagai solusi untuk memperbaikinya.
1# Jika komputer anda mati total, maka langkah pertama yang harus anda periksa adalah memastikan bahwa arus listrik tidak sedang bermasalah atau tidak mati lampu. Untuk memastikannya anda boleh lihat apakah listrik dirumah anda sedang menyala atau tidak.
2# Berikutnya adalah memeriksa power socket listrik tempat dimana kabel power supply tersebut di colokkan, pastikan bahwa socket power di aliri listrik, untuk mengetesnya anda boleh tes menggunakan testpen listrik atau multitester. Berikut gambar dari sebuah power socket listrik.
power-socket-listrik
3# Memeriksa kabel power supply. Komputer mati total sering juga disebabkan rusaknya kabel power supply, untuk memastikannnya apakah baik atau rusak anda cukup menggantikannya dengan mengambil power supply dari komputer yang lain terlebih dahulu dan mencobanya.
Jika dengan menggunakan kabel power supply yang lain tersebut komputer dapat bekerja, maka bisa dipastikan kabel power supply tersebutlah yang mengalami masalah, anda boleh membeli kabel power supply yang baru lagi untuk mengganti kabel yang rusak tersebut. Berikut gambar dari sebuah kabel power supply komputer.
kabel-power-supply-komputer
4# Jika semua langkah diatas sudah anda periksa dan tidak ada masalah maka sekarang saatnya untuk memerikasa power supply.Kerusakan pada power supply dapat kita ketahui yaitu tidak hidupnya kipas power supply dan mainboard tidak ada aliran listrik.
Jika anda paham dengan rangkaian elektronik maka anda boleh cek rangkaian power supply dengan terlebih dahulu melihat komponen yang secara fisik terlihat rusak seperti terlihatnya papan pcb dan komponen yang terbakar atau komponen terlihat menggelembung.
Lakukan pengukuran menggunakan multitester pada komponen yang dicurigai bermasalah, jika masalah pada komponen ditemukan maka anda tinggal menggantinya dengan komponen yang baru.
Jika anda kurang begitu paham secara teknis tapi anda yakin kerusakan ada pada power supply maka sebelum menggantinya dengan yang baru anda boleh mengambil power supply dari komputer yang lain untuk sementara dan mengetesnya.
Jika ternyata bekerja dan masalah teratatasi dengan cara tersebut maka anda tinggal menggantikan power supply tersebut dengan yang baru, daripada anda membawa ke servis center harga perbaikannnya juga biasanya akan cukup mahal, padahal membeli power supply yang baru juga harganya tidak begitu berbeda dengan biaya perbaikan ke servis center. Berikut gambar sebuah power supply komputer.
power-supply-komputer
5# Apabila keempat langkah diatas sudah anda periksa dan tidak bermasalah maka sekarang saatnya untuk memerika koneksi kabel yang mengarah dari output power supply ke rangkaian motherboard, pastikan kabel-kabel tersebut tidak ada yang terpasang longgar atau pastikan semuanya tertancap kuat ke tiap slot motherboard.
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
6# Jika semua langkah diatas sudah di periksa dan masalah belum teratasi juga maka sekarang saat yang tepat untuk memeriksa processor. Dalam banyak kasus komputer mati total apabila semua langkah diatas sudah diperiksa dan ternyata belum juga teratasi, biasanya processor juga bisa menjadi masalah. Coba anda perhatikan processor tersebut secara fisik apakah ada pin yang mengalami crash atau terbakar.
memeriksa-processor-komputer
7# Periksa mainboard, langkah berikutnya adalah memeriksa mainboard komputer, perhatikan papan mainboard anda apakah ada yang terlihat secara fisik mengalami kerusakan, karena bisa saja ada layout mainboard yang terputus, ini bisa saja diakibatkan terbakarnya sebuah komponen pada mainboard yang menjadikan papan pcb yang ada disekitar komponen tersebut menjadi overheat sehingga mengalami kerusakan.
memeriksa-mainboard-komputer
Demikianlah Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Langkah Demi Langkah yang tentunya penting untuk kita ketahui apabila hendak memperbaiki sebuah komputer agar kerusakan yang terjadi dapat di perbaiki dengan benar.
Sekian artikel Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Langkah Demi Langkah terimakasih sudah membaca semoga dapat membantu anda.

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar