Senin, 22 Desember 2014

Fungsi Social Bookmark dalam SEO

 

Fungsi Social Bookmark dalam SEO - Bagi blogger situs social bookmark merupakan salah satu pilar dalam SEO yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Social Bookmark adalah alat yang kerap digunakan oleh para blogger untuk meningkatkan SEO. Lalu apa itu Social Bookmark?


Social bookmarking adalah situs yang memungkinkan blogger untuk dapat menyimpan, mengelola dan berbagi alamat situs yang dianggap penting. 

Menurut pengalaman saya dalam bereksperimen untuk meningkatkan SEO, saya mendapatkan pelajaran bahwa pakar SEO yang blognya dikunjungi puluhan ribu orang tiap harinya banyak yang melakukan optimasi SEO dengan mensubmit artikel ke situs social bookmarking. Terutama yang diincar ahli SEO adalah social bookmarking dofollow


Buat kamu yang suka mencari trafik dari social bookmark dofollow populer, simak daftar situs social bookmarking terpopuler di Indonesia

Konsep dasar Social Bookmark




Jadi pada dasarnya social bookmark itu sama konsepnya dengan bookmark yang ada pada browser web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan Opera Mini. Persamaan bookmark di browser dan social bookmark adalah keduanya digunakan untuk menyimpan alamat situs atau link yang dianggap penting oleh pengguna. Bedanya bookmark browser hanya bisa dilakukan di komputer kita, sedangkan social bookmark kita dapat menyimpan atau share link atau laman situs yang kita anggap penting dengan pengguna internet lainnya. 

Dapat kita simpulkan bahwa social bookmarking itu ibarat kita meninggalkan jejak di dunia maya. Dapat juga dikatakan aktifitas social bookmarking sebagai aktifitas menanam link ke situs social bookmark yang menuju ke blog / website kita. Sudah banyak situs social bookmar yang ada di Indonesia, kita para blogger tinggal mengoptimalkan sesuai kebutuhan kita saja. Bermain di sosbok pun tidak sulit, tinggal membuat akun lalu mensubmit alamat url postingan blog kita. 

Seiring perkembangan jaman yang semakin maju, para pakar SEO dan blogger kini tidak hanya sekedar menyimpan bookmark, tapi lebih jauh lagi yaitu berburu backlink berkualitas yang didapatkan dari situs social bookmark dofollow. Submit artikel di social bookmarking juga masuk dalam teknik SEO off page. 

Manfaat dari social bookmarking


Menjaring visitor

Perlu anda ketahui visitor blog tidak hanya datang dari search enginge. Malahan dengan semakin kompleksnya ilmu SEO banyak blogger yang beralih menjaring trafik dari social bookmark. Nah anda juga jangan mau ketinggalan dengan mensubmit artikel di sosbok. Bila artikel anda menarik dan unik jangan heran anda akan kebanjiran visitor dari social bookmark.


Mendapat backlink berkualitas

Selain dapat menjaring visitor untuk berkunjung ke blog kita, submit artikel ke social bookmark populer seperti Lintas.me juga membuat blog kita mendapat backlink berkualitas. Hal ini disebabkan rata-rata situs social bookmarking memiliki pagerank tinggi dan sifatnya dofollow.

Memperbaiki SERP di search engine

Submit url ke social bookmarking juga mampu memperbaiki SERP blog kita di search engine. Apa itu SERP? Nanti akan dibahas di tulisan lain. Karena mendapat backlink berkualitas maka postingan kita dapat mencapai posisi page one Google.


Meningkatkan pagerank

Mayoritas website social bookmark memiliki pagerank tinggi dan trafik yang tinggi pula. Mensubmit artikel di situs tersebut membuat kita mendapat one way link gratis. Semakin banyak blog kita mendapat trafik dan backlink maka semakin besar peluang kita mendapat pagerank dari Google.

Mempercepat index artikel oleh Google

Situs social bookmark merupakan situs yang sangat sering di-crawl ataupun di-index oleh Google bot. Bila kita mensubmit url artikel kita ke social bookmark maka dengan cepat artikel kita pun ikut terindex oleh robot Google. 

Semoga tulisan Fungsi Social Bookmark dalam SEO ini dapat bermanfaat bagi Olpreneur's semua.

Tagged:

1 komentar: